Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi bersama Dubes RI untuk Malaysia, Hermono di Kuala Lumpur. Foto: AKTUAL/istimewa
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi bersama Dubes RI untuk Malaysia, Hermono di Kuala Lumpur. Foto: AKTUAL/istimewa

Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi melakukan pertemuan dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia, Hermono di Wisma Indonesia, Kuala Lumpur, Senin (2/1/2023).

Dalam pertemuan tersebut membahas peluang kerjasama RI dengan Malaysia di bidang pertanian, salah satunya rencana menjadikan Sumatera sebagai food estate, yang hasilnya nanti akan dipasarkan ke Malaysia.

Wamentan Harvick mengatakan bahwa hasil pertemuan ini akan menjadi bahan pembahasan dalam kunjungan Perdana Menteri (PM) Malaysia ke Indonesia pada pekan depan.

“Kebetulan kita sedang bahas kerjasama food security dengan Malaysia untuk dibahas dalam kunjungan PM Malaysia tanggal 8-9 Januari 2023. Idenya menjadikan Sumatera sebagai food estate untuk keperluan Malaysia. Investornya Malaysia,” kata Wamentan Harvick saat dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin (2/1/2023) sore.

Sebagai Informasi, Perdana Menteri (PM) Malaysia, Anwar Ibrahim akan berkunjung ke Indonesia untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada awal Januari 2023.

“PM Anwar Ibrahim berencana untuk melakukan kunjungan bilateral yang pertama yaitu ke Indonesia pada awal bulan Januari,” kata Menteri Luar Negeri RI, Retno setelah Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abdul Kadir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (30/12/2022) lalu.

(A. Hilmi)