Jakarta, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi menerima kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah di ruang kerjanya di Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Kunjungan kerja kali ini dalam rangka memperkuat sinergi pemerintah pusat dengan daerah untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Wagub Sumut, Musa Rajekshah mengatakan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Sumut pada semester I 2022 berhasil tumbuh sebesar 4,33 persen. Dari sisi lapangan usaha, sektor pertanian masih menjadi andalan dalam mendongrak ekonomi Sumut dengan pertumbuhan mencapai 5,13 persen.

“Pertanian menjadi salah satu sektor yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di Sumut. Karena itu, produksi dan distribusi hasil pertanian terus dikembangkan,” ucapnya kepada Wamentan.

Sementara itu, Wamentan Harvick mengajak pemerintah daerah terus menggenjot produksi pertanian. Selain itu, ia juga meminta agar memperhatikan sektor hilirisasi sehingga memiliki nilai tambah (add value).

Berdasarkan catatan Kementerian Pertanian (Kementan), nilai ekspor komoditas pertanian dari Sumatera Utara mengalami tren meningkat hingga mencapai Rp14,417 triliun pada semester I 2022. Jumlah tersebut meningkat 6,90 persen dibanding semester I 2021, yakni Rp13,486 triliun.

“Ini mencerminkan sektor pertanian di Sumatera Utara menjadi andalan dalam membangun perekonomian daerah. Untuk itu, pemerintah provinsi perlu memperkuat aspek produksi serta hilirisasi pertanian,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini dapat mendukung program Kementan yakni gerakan tiga kali ekspor (Gratieks).

Wamentan berharap, sinergi antara Pemerintah Provinsi Sumut dapat semakin kuat dengan Kementan.

“Hal ini perlu dilakukan mengingat dunia saat ini tengah menghadapi tantangan krisis pangan,” harapnya.

(A. Hilmi)