Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi saat menyerahkan bantuan pertanian kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung, Sumbar. Foto: Istimewa
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi saat menyerahkan bantuan pertanian kepada kelompok tani di Kabupaten Sijunjung, Sumbar. Foto: Istimewa

Pariaman, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul melakukan kunjungan kerja di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada Selasa (29/11/2022). Selama agendanya di Sumbar, Wamentan turut mengunjungi Kota Pariaman dan Sijunjung.

Di Kota Pariaman, Wamentan menampung sejumlah aspirasi petani. Adapun aspirasi tersebut yaitu di antaranya terkait pupuk, ketetapan harga komoditas pertanian, alat teknologi pertanian untuk memancing petani milenial, bantuan bibit kelapa kopyor, dan rekomendasi pembelian BBM bersubsidi.

“Kami telah menyiapkan beberapa program yang salah satunya terkait dengan pupuk melalui PIHC (Pupuk Indonesia Holding Company),” kata Wamentan.

Selain itu petani juga dapat memanfaatkan Program Makmur sebagai solusi untuk peningkatan produksi dan menguntungkan petani. Program tersebut dalam waktu dekat akan disosialisasikan di Sumbar.

Terkait dengan harga, lanjutnya pemerintah juga terus mengkaji harga eceran tertinggi komoditas pertanian untuk menindaklanjuti kenaikan sejumlah bahan produksi di antaranya BBM dan pupuk.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini ketetapan harga ini ada, sehingga harga bisa stabil. Jadi tidak menimbulkan keresahan di pedagang dan petani serta masyarakat dapat menerima,” katanya.

Untuk bantuan bibit kelapa sudah masuk ke dalam proposal bantuan dari Pemkot Pariaman sedangkan terkait BBM menurutnya dapat diatasi dengan koordinasi antara pemerintah setempat dengan pihak terkait di daerah itu.

Wamentan Harvick berharap kunjungannya dapat memberikan manfaat yang besar untuk peningkatan pertanian di Pariaman serta dapat menginspirasi daerah lainnya.

Wamentan Harvick saat berdialog dengan sejumlah petani Kota Pariaman, Sumbar. Foto: Istimewa
Wamentan Harvick saat berdialog dengan sejumlah petani Kota Pariaman, Sumbar. Foto: Istimewa

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan kedatangan Wamentan sudah lama ditunggu oleh masyarakat khususnya petani untuk menyampaikan aspirasinya terkait pertanian.

“Jadi Pariaman itu tidak saja dikenal dengan pariwisatanya namun juga pertanian. Bahkan sebagian besar wilayah Pariaman digunakan untuk pertanian,” ujar dia.

Dengannya lahan tersebut, lanjutnya banyak warga di daerah itu berprofesi sebagai petani bahkan pihaknya memiliki program mubaligh bertani, pemuda atau milenial bertani, dan ASN bertani.

Sebelumnya, Wamentan Harvick juga melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (29/11/2022).

Dalam kunjungannya tersebut, Wamen Pertanian RI itu melakukan diskusi dengan kelompok tani yang ada di Kabupaten Sijunjung.

“Dalam kegiatan ini kita bersama bupati dan wabup beserta unsur Forkopimda memperlihatkan kepada masyarakat bahwa pemerintah berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian,” ungkapnya.

Ia menambahkan, berbagai program telah dilakukan untuk memajukan sektor pertanian dan akan lebih ditingkatkan pada tahun 2023.

“Nantinya program untuk pertanian akan terus kami tingkatkan, seperti swasembada beras di Sijunjung tentunya tetap bertahan dan untuk produk pertanian lain juga ditingkatkan,” ujarnya.

Ia berharap, sektor pertanian di Sumbar khususnya Sijunjung, agar terus meningkat tidak hanya off farm tetapi juga on farm.

Off farm ini maksudnya barang jadi, produk ini nantinya harus terus ditingkatkan dalam sektor pertanian,” tutupnya.

Selain itu, Wamentan juga menyerahkan secara simbolis beberapa bantuan Alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani Sijunjung, yang berasal dari APBN dan APBD Sijunjung 2022.

Turut hadir pula seluruh jajaran Forkopimda Provinsi Sumbar, Kabupaten Sijunjung, dan Kota Pariaman.

(A. Hilmi)