Jakarta, Aktual.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan membuka Kejuaraan Dunia Federasi Karate Shotokan Internasional (SKIF) 2016, Sabtu (27/8) besok.

“Pada acara pembukaan besok, dijadwalkan akan dibuka Wapres yang sudah mengkonfirmasi akan datang,” kata Ketua Panitia SKIF Karate World Championship 2016 Aldrin Tando, Jakarta, Jumat (26/8).

Aldrin yang juga merupakan Presiden dan Chief Instructor SKIF Indonesia, menyebutkan bahwa selain Wapres Jusuf Kalla, panitia juga mengundang Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta beberapa pejabat lainnya termasuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

“Kami memang sengaja menggelar acara pembukaan di hari libur, sebab, tidak akan menganggu kegiatan para pejabat. Besok Pak Jusuf Kalla sudah konfirmasi bakal datang, semoga Pak Menpora dan Gubernur DKI Jakarta juga datang.”

Untuk acara pembukaan Kejuaraan Dunia Karate ini, Aldrin menyebut akan dibuka dengan beberapa tarian khas Indonesia, namun dirinya belum mengetahui jenis tarian yang akan membuka Kejuaraan yang diikuti 58 negara ini.

“Akan dibuka oleh tarian tradisional, namun saya belum tahu secara detil tarian yang bakal membuka acara ini.”

Kendati kejuaraan yang digelar di Hall D2 JIExpo Kemayoran Jakarta ini baru akan diresmikan esok hari, namun turnamen tersebut sudah dimulai sejak hari ini dengan mempertandingkan nomor kata individu, kumite individu, kumite kelompok dan yakusoku kumite.

Indonesia sendiri menurunkan 85 atlet di ajang yang merupakan kali kedua dilaksanakan di Indonesia dimana sebelumnya pada tahun 2000 digelar di Bali.

(Wisnu)