Wapres Ma'ruf Amin akan bertolak ke Kalimantan Selatan dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (26/1).

Jakarta, Aktual.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertolak ke Kalimantan Selatan, Kamis, untuk menghadiri Haul ke-18 Muhammad Zaini Abdul Ghani (Abah Guru Sekumpul) di kediaman Gubernur Kalimantan Selatan, Kabupaten Banjar.

Ma’ruf Amin bersama rombongan bertolak dari Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, sekitar pukul 14.20 WIB, dengan menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU.

Haul Abah Guru Sekumpul, yang diperingati setiap tahun, diperkirakan akan dihadiri ribuan jamaah. Berdasarkan informasi yang dihimpun, warga Kalimantan Selatan bergotong-royong menyiapkan makanan untuk jamaah yang akan menghadiri peringatan Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul.

Sedikitnya 45 dapur umum menyediakan konsumsi bagi jamaah haul Syech Muhammad Zaini bin Abdul Ghani ke-18 yang dipusatkan di Kampung Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Moch Isharyadi memerintahkan jajarannya untuk tidak lengah menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama rangkaian pelaksanaan haul.

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman Mayjend Tri Budi Utomo mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pengamanan sesuai prosedur operasional standar bersama paspampres untuk menjaga keamanan selama kedatangan Wapres Ma’ruf Amin.

K.H. Muhammad Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul lahir di Banjar, 11 Februari 1942, dan wafat pada 10 Agustus 2005. Beliau adalah salah seorang ulama kharismatik dan berpengaruh dari Kalimantan Selatan. Abah Guru Sekumpul merupakan keturunan ke-8 dari ulama besar Tanah Banjar Maulana Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah Al-Banjari.

(Arie Saputra)