Jakarta, Aktual.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara jalan sehat sebagai bagian dari peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang telah dicanangkan dan diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sejak 2004.

Wapres menghadiri acara yang diselenggarakan Palang Merah Indonesia (PMI) itu tepatnya digelar di kawasan Pintu Barat Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (14/6) pagi.

Selain melakukan jalan sehat, Wapres yang juga Ketua Umum PMI juga mencanangkan program desa donor darah yang terdapat di berbagai daerah di Tanah Air.

Tema global Hari Donor Darah Sedunia pada tahun 2015 adalah “Thank you for saving my life” (Terima kasih karena menyelamatkan nyawa saya).

Kampanye tersebut bertujuan menyampaikan terima kasih kepada para donor yang telah menyelamatkan jiwa setiap hari karena donasi donor darah.

Selain itu, Hari Donor Darah Sedunia juga mendorong orang-orang di seluruh dunia mendonorkan darahnya setiap hari.

Terkait dengan puasa dan Lebaran tahun ini, Jusuf Kalla sebelumnya mengatakan bahwa PMI akan membangun pos siaga sepanjang wilayah pantai utara (pantura) Jawa guna mengantisipasi maraknya kecelakaan saat mudik lebaran.

“Palang Merah Indonesia akan bangun pos-pos sepanjang pantura bersama dengan PMI daerah,” kata Wapres usai menutup Rapat Kerja Nasional Bidang Kesehatan dan Sosial PMI di Jakarta, Rabu (10/6).

(Ant)

()