Jakarta, aktual.com – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bertolak ke Singapura, Senin (17/10), untuk bertemu Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong guna membahas hubungan kerja sama kedua negara.

Menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres beserta istri Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Changi, Singapura sekitar pukul 13.00 WIB.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Wapres diperkirakan tiba di Bandara Changi pada pukul 15.45 Waktu Setempat dan disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo serta Atase Pertahanan RI di Singapura Achmad Zailani.

Agenda Wapres ke Singapura di antaranya untuk melakukan pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, di Parliament of Singapore pada Selasa sore untuk membahas hubungan kerja sama antara kedua negara.

Sebagaimana diketahui, sejak dibentuknya hubungan diplomatik kedua Negara pada tanggal 7 September 1967, Singapura menjadi Negara sahabat terdekat yang memiliki arti penting bagi kepentingan nasional Indonesia maupun kepentingan kawasan.

Secara letak geografis, kedua Negara mempunyai perbatasan laut secara langsung. Hal ini mendorong terwujudnya hubungan dan kerja sama di berbagai bidang.

Hubungan bilateral kedua Negara telah berkembang secara baik, positif, dan konstruktif. Hal ini tercermin salah satunya dari intensitas saling kunjung antar-pimpinan dan pejabat tinggi kedua Negara yang terus meningkat dari tahun ke tahun untuk terus memperkuat hubungan baik yang terjalin.

Sebelum bertemu Wakil PM Singapura, Wapres akan menyapa dan berdialog dengan Diaspora Indonesia di Singapura di Ruang Nusantara Kedutaan Besar RI Singapura.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)