Makassar, Aktual.com – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah tetap berkomitmen menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Hal ini disampaikan dalam silaturahmi akbar bersama Masyarakat dan Pemerintah Kota Makassar di Auditorium Kampus UMI Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (3/12).

“Pemerintah tetap pada komitmennya dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Ma’ruf Amin mengatakan keuangan ekonomi syariah di Indonesia tidak hanya memiliki landasan dari aspek syariah, namun dari segi akidah, ibadah, akhlak dan muamalah.

Menurut dia, pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah yang sudah terbentuk di Riau, Sumatera Selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan hari ini di Sulawesi Selatan (Sulsel) bagian dari komitmen tersebut.

“Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah sudah terbentuk di Riau, Sumatera Selatan, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB dan hari ini di Sulawesi Selatan. Semua itu adalah bagian dari komitmen pemerintah,” katanya.
Baca juga: Kadin siap terus dukung pemerintah tingkatkan pertumbuhan ekonomi

Wapres menyatakan jika pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah itu sebuah percepatan agar ekonomi syariah bisa merata.

Ma’ruf Amin menyebutkan peran dan komitmen pemerintah bisa memajukan ekonomi syariah dan memperkuat sistem keuangan di daerah agar bisa fokus dan terarah sesuai potensi daerah masing-masing.

Tidak hanya itu, Wapres RI ke-13 ini berpesan percepatan pertumbuhan keuangan ekonomi syariah sejalan dengan percepatan sertifikasi halal dan peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah.

“Sekarang ini budayakan inovasi dan kolaborasi antara pemerintah, pengusaha dan pihak terkait agar pemerataan keuangan ekonomi syariah bisa merata,” ucap Ma’ruf Amin.

(Antara)

(A. Hilmi)