FILE PHOTO: South Sudan rebel leader Riek Machar Kiir attends the signing in Khartoum, Sudan of an accord with the South Sudan government aimed at ending the country's civil war, June 27, 2018. REUTERS/Mohamed Nureldin Abdallah/File Photo

Juba, Aktual.com – Wakil Presiden Sudan Selatan Riek Machar beserta istrinya Angelina Teny, yang menjabat sebagai menteri pertahanan, terbukti positif virus corona, menurut kantor wapres pada Senin (18/5).

Disebutkan bahwa “sejumlah staf kantor dan pengawalnya” juga dinyatakan positif COVID-19.

Machar mengatakan melalui stasiun TV pemerintah bahwa ia akan menjalani karantina mandiri selama 14 hari di kediamannya.

Sejauh ini Sudan Selatan mencatat 347 kasus COVID-19 dengan 6 kematian.

Pekan lalu otoritas melaporkan dua kasus COVID-19 di sebuah kemah di luar Ibu Kota Juba, sehingga menimbulkan kekhawatiran bahwa infeksi dapat menghancurkan permukiman yang penuh sesak.

“Kami sangat prihatin dengan temuan dua kasus positif diĀ  sini di luar Juba. Terdapat puluhan ribu orang yang terlantar secara internal tinggal di tempat tersebut, sehingga mereka hidup dalam kondisi yang cukup sempit,” kata James Reynolds, Komite Palang Merah Internasional di Sudan Selatan melalui pernyataan.

Ia menambahkan bahwa langkah seperti menjaga jarak sosial dan rajin mencuci tangan tidak mudah untuk diterapkan di kemah tersebut.

Sumber: Reuters

(As'ad Syamsul Abidin)