Jakarta, Aktual.com – Kegiatan pawai obor menyambut bulan Ramadhan tahun 2022 dilakukan oleh warga RW 02 Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Ahad (27/3) malam.

Puluhan warga dari beragam usia mulai dari anak-anak hingga dewasa tampak mengikuti kegiatan pawai obor dengan titik kumpul di Masjid At-Ta’awun di RT 03/RW 02.

“Ramadhan tahun ini adalah momen yang ditunggu-tunggu untuk melaksanakan pawai obor. Karena, adanya pandemi COVID-19 selama dua tahun, tidak ada kegiatan pawai obor. Tahun ini kita adakan lagi,” kata Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) At-Ta’awun, Muryadi, di Jakarta, Ahad (27/3).

Menurut Muryadi, rute kegiatan pawai obor berjarak kurang lebih satu kilometer, dimulai dari Masjid At-Ta’awun dengan menyusuri Jalan Monumen Lubang Buaya.

“Dari Jalan Kramat ┬ákeluar ke Jalan Monumen Lubang Buaya. Kira-kira 50 meter masuk ke Jalan Cengkeh, kemudian mutar ke Jalan Kramat III, baru masuk lagi ke Jalan Kramat,” ujarnya.

Muryadi menjelaskan, untuk menyemarakkan kegiatan pawai obor itu juga ditampilkan kesenian musik hadro dari remaja DKM At-Ta’awun.

“Pada prinsipnya kegiatan pawai obor tahun ini enggak jauh beda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni diiringi musik hadro yang mengucapkan puji-pujian kepada Allah dan Rasulullah. Itu intinya,” kata dia.

Muryadi mengatakan, para peserta pawai obor diwajibkan menggunakan masker dan juga telah mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Rata-rata sudah vaksin kedua kali untuk anak-anak. Kalau yang dewasa sudah vaksin ketiga kali. Insya Allah kita mengikuti protokol kesehatan,” tutur Muryadi.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)