Sidoarjo, Aktual.com – Warga Desa Kedung Bocok, Sidoarjo, Jawa Timur, menemukan sebuah susunan batu bata yang diduga sebagai situs purbakala peninggalan kerajaan Majapahit.

Kepala Desa Kedung Bocok Mochamad Ali Ridho, mengatakan penemuan situs tersebut sudah berlangsung sejak sepekan lalu saat ada warga yang akan menanam ketela.

“Saat itu, Paiman salah seorang warga kami akan menggali tanah yang akan digunakan untuk menanam ketela, namun saat menggali tanah tersebut tiba-tiba cangkulnya mengenai batu bata. Dan kemudian setelah digali, ternyata berupa batu bata yang tersusun rapi,” ucapnya, Selasa (6/2).

Menurutnya, dengan adanya temuan situs tersebut semakin menguatkan kalau di desa tersebut merupakan lokasi peninggalan kerajaan Majapahit seperti yang diceritakan oleh orang tua dulu.

“Selain menemukan susunan batu bata, beberapa waktu sebelumnya pihaknya juga sudah menemukan berbagai artefak yang terbuat dari batu dan kini disimpan di salah satu ruangan di balai desa,” katanya.

Ia mengatakan, sampai dengan saat ini lokasi penemuan situs tersebut masih belum didatangi oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan untuk mengetahui keabsahan situs tersebut.

“Kami berharap dengan adanya temuan ini bisa mengangkat keberadaan desa kami supaya menjadi lebih terkenal, dan keberadaan situs ini juga bisa dijadikan sebagai tempat belajar tentang situs kepurbakalaan yang ada di Kabupaten Sidoarjo,” ucapnya.

 

Ant.

()