Ilustrasi. Awan hitam menyelimuti langit Jakarta, Kamis (4/11/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi curah hujan yang tinggi dan berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologis di sejumlah daerah akibat adanya fenomena La Nina yang di prediksi akan berlangsung dari akhir tahun hingga Februari 2022. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz

Jakarta, Aktual.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang pada sebagian wilayah Provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya pada Selasa sore hingga malam hari.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi bahwa wilayah yang mengalami kondisi cuaca kurang bersahabat ialah Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Selasa sore. Serta Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu pada dini hari, Selasa (20/12).

BMKG mencatat laporan prakiraan suhu di Jakarta Barat, Selatan dan Timur sekitar 25-33 derajat Celcius, disertai tingkat kelembapan dalam kisaran terendah 70 persen dan tertinggi 95 persen.

Untuk suhu di kawasan Jakarta Utara dan Pusat diprediksi dalam rentang 26-33 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 65-95 persen. Sedangkan di Kabupaten Kepulauan Seribu rentang suhu sekitar 25-31 derajat Celcius dengan kelembapan udara 65-95 persen.

Tidak hanya di ibu kota, peringatan dini terjadinya hujan disertai angin dan kilat juga dikeluarkan untuk wilayah Kabupaten/Kota Bogor di Provinsi Jawa Barat pada siang hingga sore hari.

Pada Kabupaten dan Kota Bogor tingkat suhu masing-masing diperkirakan berada dalam rentang 22-23 dan 21-32 derajat Celcius, dengan kelembapan keduanya 60-95 persen.

Selain itu, berdasarkan prediksi cuaca wilayah sekitar DKI Jakarta oleh BMKG disebutkan pula suhu pada Kota Depok sekitar 22-32 derajat Celcius, serta kelembapan 60-95 persen, dengan situasi cerah berawan hingga hujan ringan

Masih dari Provinsi Jawa Barat, suhu di Kabupaten/Kota Bekasi berkisar 22-32 derajat Celcius, kelembapan udara 65-95 persen, dengan kondisi cuaca berawan atau cerah berawan

Prediksi cuaca yang tak jauh berbeda juga terjadi di Kota Tangerang dengan prediksi cuaca berawan sepanjang hari, serta suhu berada pada kisaran 23-32 derajat Celcius dan dan tingkat kelembapan 65-95 persen.

(Andy Abdul Hamid)