Jakarta, Aktual.com – Tak sedikit orang yang mengabaikan penyakit yang berhubungan dengan ginjal, salah satunya gagal ginjal. Padahal, kondisi ini sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal.

Ginjal merupakan salah satu organ yang paling penting untuk tubuh.

Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui gejala awal yang menandakan sakit gagal ginjal supaya bisa mencegah bahaya berkelanjutan.

Berikut ini beberapa gejala awal gagal ginjal yang masih sering disepelekan dikutip dari JPNN.

1. Sering buang air kecil

Kalau merasa lebih sering buang air kecil, terutama di malam hari, berarti kalian harus waspada. Pasalnya, itu bisa menjadi tanda awal kamu mengalami gagal ginjal.

2. Tekanan darah tinggi

Ginjal memiliki fungsi membantu mengatur tekanan darah dengan melepaskan hormon. Ketika enggak berfungsi, ginjal enggak bisa melakukan tugasnya dengan efektif dan tekanan darah pun melonjak.

3. Urine berbusa

Busa dalam urine dapat menunjukkan protein yang terkandung, terutama jika busa urine butuh berkali-kali disiram sebelum hilang. Busa ini biasanya terlihat seperti busa yang muncul saat kita mengocok telur.

4. Otot kram

Gangguan pada fungsi ginjal juga bisa memicu ketidakseimbangan elektrolit. Nah, hal inilah yang bisa membuat otot jadi gampang kram.

5. Kaki bengkak

Gagal ginjal juga bisa ditandai dengan bengkak pada bagian kaki, terutama di bagian pergelangan kaki. Hal ini terjadi karena retensi natrium atau kelebihan garam.

(Shavna Dewati Setiawan | JPNN)

(Aktual Academy)