Jakarta, Aktual.con – Bupati Jember Hendy Siswanto bakal melakukan percepatan perwujudan kabupaten digital. Hal ini disampaikan dalam Rapat koordinasi nasional yang digelar pada Selasa (6/12) di Hotel Le Meredien Jakarta, dihadiri Menko Perekonomian RI Airlangga Hartanto, Menkom Info Johny G Plate, Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo serta dihadiri oleh seluruh Bupati, Wali kota dan Gubernur se Indonesia.

Rakor Nasional ini Menko Perekonomian RI Airlangga Hartanto menyatakan, bahwa dana moneter internasional (IMF) memprediksi pertumbukan ekonomi global mengalami perlambatan sebesar 3,2 persen di tahun 2022 dan pada tahun 2023 diprediksi juga akan melambat sampai 2,9 persen.

“Digitalisasi menjadi sangat penting untuk mengantisipasi dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi global, oleh karenanya pemerintah pusat akan mendorong digitalisasi terutama di daerah-daerah, dan saat inii pemerintah telah membentuk Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD), pembentukan Satgas dalam rangka mempercepat dan memperluas implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah (ETP) daerah,” ujar Airlangga Hartanto.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto, dalam kesempatan tersebut menyatakan, bahwa Kabupaten Jember saat ini sudah menjadi kabupaten digital, namun perluasan digitalisasi di Kabupaten Jember masih perlu ditingkatkan dan terus disosialisasikan kepada masyarakat.

“Jember termasuk kategori kabupaten digital, namun pastinya masih perlu adanya peningkatan serta sosialisasi kepada masyarakat. Arahan dari Menko Bidang Perekonomian, Bapak Airlangga Hartarto tentunya sangat penting bagi kami untuk melakukan percepatan dan perluasan digitalisasi yang ada di Kabupaten Jember,” ujar Bupati Jember H. Hendy Siswanto.

Untuk melakukan perluasan tersebut, Bupati akan melakukan sosialisasi terutama dari sisi pembayaran pajak, parkir-parkir dan juga di beberapa pasar trafisional untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan QRIS.

“Mari kita bersama-sama untuk memperluas digitalisasi ini, jika ini terealisasi, akan semakin meningkatkan ekonomi kita, juga akan meningkatkan PAD, oleh karenanya, kami mengajak seluruh masyrakat dan juga stakeholder untuk kolaborasi, bersinergi untuk memperluas digitalisasi di Kabupaten Jember,” pungkas Bupati.

(Diskominfo/Aminudin Azjs)

(Aminuddin Aziz)