Jember, Aktual.com – Merespon program Wirausaha Merdeka, Dinas Koperasi Kabupaten Jember memberikan pendampingan kepada sedikitnya 150 mahasiswa. Program Wirausaha Merdeka yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia diberikan bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap dunia Wirausaha, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti Program Wirausaha Unggulan dari Perguruan Tinggi Lainnya. Program ini dilaksanakan serentak oleh beberapa Universitas di beberapa Kota/Kabupaten, termasuk di Kabupaten Jember.

Sejak Minggu ke-3 Bulan November, para Konsultan PLUT-KUMKM Dinas Koperasi dan UM Kabupaten Jember telah mendampingi setidaknya 150 mahasiswa dalam hal berwirausaha, diantaranya
Orientasi Bisnis dengan memaparkan ide bisnis sebagai prototipe, identifikasi bisnis, termasuk prototipe yang sudah digagas dan sejumlah program lainnya. “Jadi kita memberikan pendampingan kepada sedikitnta 150 mahasiswa melalui para konsultan kami yang ada di PLUT, dan ini sejalan dengan program Bapak Bupati untuk mempercepat pertumbuhan perekonomian melalui kewirausahaan,” ungkap Sartini, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Jember.
Para Konsultan mendampingi mahasiswa tersebut secara daring maupun luring dengan memanfaatkan berbagai fasilitasi di Kantor PLUT, juga pendampingan langsung ke Politeknik Negeri Jember untuk melihat proses produksi, pengemasan, hingga penjualan produk.

“Dengan adanya program Mahasiswa Wirausaha Merdeka ini, diharapkan dapat melahirkan banyak wirausaha muda yang ikut berperan penting dalam perekonomian nasional,” pungkasnya.

(Aminudin Azis)

(Aminuddin Aziz)