Presiden China Xi Jinping disambut hangat oleh Gubernur Provinsi Riyadh Pangeran Faisal bin Bandar Al Saud

Jakarta, Aktual.com – Presiden China Xi Jinping tiba di Riyadh, Arab Saudi, Rabu (7/12) kemarin, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) China-Arab pertama dan KTT China-Dewan Kerja Sama Teluk (Gulf Cooperation Council/GCC), serta melakukan kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi atas undangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

Saat memasuki wilayah udara Arab Saudi, pesawat Xi dikawal oleh empat jet tempur dari Angkatan Udara Kerajaan Saudi dan setelah masuk wilayah udara Riyadh disambut oleh enam jet Hawk dari tim aerobatik kerajaan.

Xi menerima sambutan yang megah dan hangat ketika pesawatnya tiba di Bandar Udara Internasional King Khalid di Riyadh. Sebanyak 21 tembakan kehormatan menandai kedatangannya. Formasi jet tempur Hawk milik Saudi melukis langit dengan warna bendera nasional China, yaitu merah dan kuning.

Xi mengeluarkan pernyataan tertulis, yang di dalamnya dia menyampaikan salam hangat dan harapan terbaik kepada pemerintah dan rakyat Arab Saudi atas nama pemerintah dan rakyat China.

Rasa saling percaya strategis China-Arab Saudi terus diperkuat dan kerja sama praktis bilateral di berbagai bidang telah membuahkan hasil yang bermanfaat sejak terjalinnya hubungan diplomatik 32 tahun silam, catat Xi.

Xi mencatat bahwa dalam kunjungan tersebut, dia akan melakukan pertukaran pandangan secara mendalam dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman Al Saud tentang hubungan bilateral serta isu-isu internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama, dan bersama-sama memetakan arah hubungan China-Arab Saudi.

Xi juga mengatakan bahwa dirinya menantikan untuk hadir di KTT China-Arab pertama dan KTT China-GCC, serta bekerja sama dengan para pemimpin negara-negara Arab dan GCC guna mendorong hubungan China-Arab dan China-GCC ke tingkat yang lebih tinggi.

Sumber: Xinhua

(Arie Saputra)