Jakarta, Aktual.co — Yapto Soerjosemarno terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (PP) periode 2014-2019 dalam Musyawarah Besar (Mubes) Pemuda Pancasila ke-IX di Kota Batu Malang, Sabtu (8/11) malam. 
Mubes dihadiri seluruh perwakilan dari berbagai darah dan perwakilan luar negeri. Sidang Majelis Pleno dipimpin Ketua MPN PP Gunung Hutapea melalui Keputusan Nomor 10/KPTS/MUBES-IX PP/XI/2014 tentang Masa Bhakti 2014-2019.
Dalam sambutannya, Yapto menyampaikan rasa hormatnya atas keputusan Mubes yang diambil secara demokratis meski sebenarnya ia menghendaki adanya regenerasi ditubuh PP. Yapto mengungkapkan bagaimana sejak tahun 1990 silam ia menginginkan adanya regenerasi dimaksud. 
Hanya saja, gagasan itu tidak mendapatkan respon positif dari kader-kader PP. Nyatanya hingga kini dirinya masih diberikan kepercayaan oleh kader-kader PP. 
“Sedihnya, karena orang luar akan menilai PP belum jalan dengan baik sistem kaderisasinya, apalagi ketua umumnya sudah tidak muda lagi dan usianya sudah di atas 40 tahun,” kata Yapto. 
Di sisi lain, ia berpesan bahwa pemimpin organisasi merupakan guru, murid, pengawas, dan keberhasilannya bukan hasil dari kepentingan politik karena seringnya bertemu dengan pejabat. 
“Kader PP harus bersikap tegas kepada pemerintah, para pengganggu keamanan bangsa, para kapitalis yang merusak, aliran yang mengganggu ketenteraman, dan ilmu yang menjerumuskan,” jelasnya. 
Yapto meminta ke depan PP juga harus bisa menonjolkan kader-kader yang memiliki reputasi di bidang ilmu pengetahuan, tokoh-tokoh pengusaha, dan bukan menampilkan kader PP yang jadi bupati, wali kota, atau anggota legislatif.
“Saya menerima amanah ini dengan penuh tanggung jawab dan saya akan menyusun kepengurusan Majelis Pimpinan Nasional (MPN) PP dalam tempo satu bulan ke depan agar seluruh elemen PP bisa segera bekerja,” demikian Yapto.

()

()