Jakarta, aktual.com – Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Yenny Wahid menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk meminta tips menyukseskan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Jakarta pada 24-26 September 2022.

“Saya kebetulan ke sini terinspirasi dari keberhasilan Formula E kemarin, mau minta tips-tips dari Pak Gubernur bagaimana supaya bisa berhasil,” kata Yenny Wahid di Balai Kota Jakarta, Senin (19/9).

Yenny mengungkapkan, salah satu tips yang diberikan Anies, yakni kerja keras agar kejuaraan dunia itu berhasil.

Di sisi lain, lanjut dia, DKI Jakarta memiliki fasilitas panjat tebing terbaik berskala internasional yang berada di Cakung, Jakarta Timur. Fasilitas itu tidak hanya digunakan para atlet dari DKI tapi juga atlet panjat tebing nasional.

Pemerintah pusat sedang membangun dinding permanen di Gelora Bung Karno (GBK) sehingga masih belum siap untuk digunakan.

Pada tanggal yang sama dengan pelaksanaan Kejuaraan Dunia Panjat Tebing, kata dia, juga berlangsung festival musik di GBK.

“Nah karena sedikit kendala, akhirnya belum bisa siap tahun ini sehingga yang kami pakai adalah papan ‘knockdown’ yang bisa dibongkar pasang,” katanya.

Nantinya papan panjat tebing itu diterbangkan dari Prancis dan dibangun ulang di Jakarta untuk kejuaraan dunia itu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Jakarta yang menjadi tuan rumah pertama kejuaraan panjat tebing diharapkan mendorong minat masyarakat menekuni olahraga itu.

“Diharapkan minat terhadap panjat tebing akan meningkat dan harapannya nanti pasokan potensi atlet bermunculan,” katanya.

Kejuaraan Panjat Tebing Dunia 2022 berlangsung pada 24-26 September 2022 diikuti sekitar 200 atlet dari 17 negara dan Jakarta sebagai tuan rumah untuk pertama kali.

Indonesia menurunkan 42 atlet pada kejuaraan yang berlangsung di Lot 16 kawasan bisnis, SCBD, Jakarta Selatan, tersebut.

(Antara)

(Rizky Zulkarnain)