Jakarta, Aktual.com – Sebanyak 14 wakil tuan rumah melangkah ke perempat final Indonesia International Challenge 2022 setelah meraih kemenangan pada babak 16 besar di Platinum Arena, Malang, Kamis (13/10).

Dari 14 wakil tersebut, lima di antaranya datang dari sektor ganda campuran, tiga ganda putri, tiga tunggal putri, dua ganda putra, dan satu tunggal putra.

Ganda campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah mengawali kemenangan Indonesia hari ini. Pasangan racikan itu maju ke perempat final setelah melewati pertarungan tiga gim yang berakhir 21-12, 17-21, 21-15 atas pasangan Taiwan Lin Yu Chieh/Wang Xin Yu.

Adnan, yang juga pernah berpasangan dengan Indah Cahya Sari Jamil, mengatakan kendati baru pertama kali tampil bersama Nita namun dia sudah merasa nyaman apalagi duet anyarnya itu pernah bermain di ganda campuran.

“Meski baru berpasangan, karena Nita dulu pernah main ganda campuran, saya bisa lebih enak dan tidak perlu beradaptasi lagi. Saya sudah tahu bagaimana cara bermainnya. Saya tinggal meng-cover saja,” ucap Adnan dikutip keterangan resmi PBSI, Kamis.

Adnan/Nita selanjutnya akan berhadapan dengan rekan senegara unggulan keempat Akbar Bintang Cahyono/Marsheilla Gischa Islami, yang sebelumnya menyingkirkan pasangan Korea Selatan Gwang Min Na/Seung Yeon Seong.

Ganda campuran lainnya yang juga menang hari ini adalah Ghana Muhammad Al Ilham/Indah Cahya Sari Jamil. Wakil Pelatnas Cipayung itu maju ke babak 8 besar berkat kemenangan atas rekan senegara Ricky Karanda Suwardi/Nathalie Ivyana, 21-15, 21-13.

Kemenangan juga diraih Hafiz Faizal/Melati Daeva Oktavianti, yang pada babak perempat final nanti akan berhadapan dengan rekannya, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Adapun tiga ganda putri yang lolos ke perempat final adalah Nita Violina Marwah/Tryola Nadia, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto, dan Brigita Marcelia/Meirisa Cindy Sahputri.

Pada sektor ganda putra, Indonesia menyisakan Alfian Eko Prasetya/Ade Yusuf Santoso dan pasangan baru Rahmat Hidayat/Pramudya Kusumawardana.

Gabriela Meilani Moningka, Ruzana, dan Aisyah Sativa menjadi tumpuan Indonesia pada nomor tunggal putri. Sementara itu, Syabda Perkasa Belawa akan menjadi satu-satunya harapan tuan rumah di nomor tunggal putra.

(Antara)

(As'ad Syamsul Abidin)