Jakarta, Aktual.co —Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa beberapa penemuan yang mengubah peradaban dunia berasal dari para ilmuwan muslim. Para ilmuwan ini mempunyai kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan merupakan temuan awal sebelum dikembangkan oleh ilmuwan Barat. Penemuan-penemuan ilmuwan muslim ini sempat terlupakan oleh masyarakat dunia, inilah 5 penemuan Ilmuwan muslim versi Aktual.

Operasi bedah
Sekitar tahun 1000 masehi, dokter Al Zahrawi mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah, ensiklopedia tersebut digunakan sebagai referensi medis selama 500 tahun di Eropa. Al  Zahrawi menggunakan larutan usus kucing menjadi benang jahitan, beliau juga seorang dokter yang melakukan operasi cesar kali pertama di muka bumi dan menciptakan sepasang alat jepit bedah.

Kopi
Kopi pertama kali dibuat di Yaman sekitar abad ke-9, pada awalnya kopi membantu kaum sufi tetap terjaga ibadah hingga larut malam, kemudian kopi dibawa oleh sekelompok pelajar ke kairo. Pada abad ke-13 kopi menyeberang ke Turki, tetapi baru pada abad ke-16 kopi dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.

Mesin Terbang
Pada abad ke-9 Abbas ibn Firnas mencoba membuat konstruksi sebuah pesawat terbang dan menerbangkannya. Dalam percobaannya di Cordoba Spanyol, Firnas terbang tinggi untuk beberapa saat sebelum kemudian jatuh ke tanah dan mematahkan tulang belakangnya. Desain yang dibuatnya secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci ratusan tahun kemudian.

Universitas
Pada tahun 859 masehi,  seorang wanita muda bernama Fatima al-Firhi mendirikan sebuah universitas tingkat pertama di Fez Maroko. Universitas Al-Qarawiyyin  terus beroperasi selama 1.200 tahun kemudian. Sungguh aneh jika ada aliran islam yang melarang wanita untuk bersekolah, karena yang mendirikan Universitas kali pertama justru dari kaum hawa.

Al Jabar (Ilmu Hitung)
Kata aljabar berasal dari judul kitab matematika terkenal Persia abad ke-9 ‘Kitab al-Jabr Wal-Mugabala’, diterjemahkan ke dalam buku ‘The Book of Reasoning and Balancing’. Aljabar adalah sistem pemersatu untuk nomor rasional, nomor tidak rasional dan gelombang magnitudo. Matematikawan lainnya Al-Khwarizmi juga yang pertama kali memperkenalkan konsep angka menjadi bilangan yang bisa menjadi kekuatan.