Jakarta, Aktual.com — Mohammad Akhlaq 50 tahun, ditendangi dan dipukuli dengan batu oleh segerombolan orang, karena dituding menyimpan daging sapi. Padahal, Akhlaq telah mengaku telah menyimpan daging kambing di kulkasnya dan bukan daging sapi.

Para pria yang merupakan anggota kelompok sayap kanan organisasi agama Hindu itu dilaporkan memeriksa daging sapi di dalam tas penumpang kereta api. Namun, Akhlaq menolak tasnya diperiksa, para pria itu kemudian memukuli istri Akhlaq.

Awal mula terjadi pemukulan itu, ketika Akhlaq bersama keluarganya dalam perjalanan kereta api di Madhya Pradesh. Sekitar 15 hingga 20 orang masuk ke gerbong mereka dan mulai memeriksa tas-tas penumpang.

Lembu merupakan hewan yang dianggap suci oleh umat Hindu dan sejak partai nasionalis Hindu, BJP, berkuasa di India dua tahun lalu, diterapkan penyembelihan hewan ternak.

Pada September tahun lalu, seorang pria Islam tewas dikeroyok massa di negara bagian Uttar Pradesh karena dituduh menyimpan daging sapi.

Umat Hindu merupakan mayoritas penduduk di India, dengan populasi sekitar 80 persen dari total 1,2 miliar jiwa.

Atas insiden itu, pihak kepolisian India sudah menangkap tujuh pria yang dituduh melakukan pemukulan atas sepasang umat Muslim tersebut.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Wisnu