Industri Barubara Tiongkok (Foto:AP)
Industri Barubara Tiongkok (Foto:AP)

Jakarta, Aktual.com — China bertujuan untuk memberhentikan 5-6 juta pekerja negara selama dua hingga tiga tahun ke depan sebagai bagian dari upaya untuk mengekang kelebihan kapasitas industri dan polusi, dua sumber terpercaya mengatakan, Program penghematan paling berani Beijing dalam hampir dua dekade.

china_3530624bDikutip dari Reuters, Senin (1/3) waktu setempat, pemimpin Cina, terobsesi untuk menjaga stabilitas dan memastikan redudansi tidak menyebabkan kerusuhan, akan menghabiskan hampir 150 miliar yuan ($23 miliar) untuk menutupi PHK hanya dalam sektor batubara dan baja dalam 2-3 tahun ke depan.

Angka keseluruhan kemungkinan akan meningkat sebagai penutupan menyebar ke industri lain dan bahkan lebih banyak dana akan diperlukan untuk menangani utang yang ditinggalkan oleh “zombie” BUMN.

Istilah ini mengacu kepada perusahaan yang telah menutup beberapa operasi mereka tapi tetap staf pada gulungan mereka sejak pemerintah daerah khawatir tentang dampak sosial dan ekonomi dari kebangkrutan dan pengangguran.

Mematikan “perusahaan zombie” telah diidentifikasi sebagai salah satu prioritas pemerintah tahun ini, dengan China Premier Li Keqiang menjanjikan pada bulan Desember bahwa mereka akan segera “pergi di bawah pisau”.

Pemerintah berencana untuk memberhentikan lima juta pekerja di industri pasokan, salah satu sumber yang memiliki hubungan dengan kepemimpinan tersebut.

Sumber kedua dengan yang punya ikatan dengan pemimpin cina mengungkapkan jumlah PHK sekitar enam juta. Kedua sumber tersebut meminta namanya dirahasiakan, karena mereka tidak berwenang berbicara kepada media tentang subjek sensitif secara politis karena khawatir memicu kerusuhan sosial.

Departemen Perindustrian tidak segera menanggapi ketika ditanya untuk mengomentari laporan.

Sektor negara sangat tidak efisien mempekerjakan sekitar 37 juta orang pada 2013 dan menyumbang sekitar 40 persen dari produksi industri negara dan hampir setengah dari pinjaman banknya.

3319ywm0310Pada hari Senin kemarin, Yin Weimin, menteri sumber daya manusia dan jaminan sosial, mengatakan China berharap untuk memberhentikan 1,8 juta pekerja di industri batubara dan baja, namun ia tidak memberikan jangka waktu.

“Cina bertujuan untuk memotong gluts kapasitas sebanyak tujuh sektor, termasuk semen, pembuatan gelas dan pembuatan kapal, tetapi industri tenaga surya kelebihan pasokan kemungkinan akan terhindar restrukturisasi besar-besaran karena masih memiliki potensi pertumbuhan,” kata sumber pertama.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Arbie Marwan