Ilustrasi- Makanan

Jakarta, Aktual.com – Kekurangan vitamin D akan meningkatkan risiko penyakit atau kondisi kesehatan tertentu seperti gangguan autoimun, diabetes, penyakit kardiovaskular dan kanker, serta komplikasi terkait kehamilan.

Dokter umum lulusan Universitas Indonesia, Adam Prabata mengatakan, anak-anak yang mengonsumsi ASI dengan vitamin D yang tidak memadai juga berisiko menderita rakhitis.

“Langkah-langkah khusus untuk menghindari terjadinya defisiensi vitamin D ini sangat dibutuhkan agar mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sekaligus menjaga tubuh dari penyakit,” ujarnya di Jakarta, Kamis (13/1).

Adam menyebutkan tiga hal yang bisa dilakukan guna mencegah terjadinya kekurangan vitamin D.

Pertama, melakukan pengecekan kadar vitamin D secara berkala.

Pemeriksaan rutin tiap enam bulan sekali bisa dilakukan untuk mengetahui jumlah vitamin D dalam tubuh, angka normalnya adalah 25-80 ng/mL.

“Perbanyak juga kegiatan di luar ruangan dan mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin D seperti ikan salmon, tuna, hati sapi serta jamur,” tuturnya.

Kedua, perbanyak kegiatan di luar ruangan seperti berolahraga, dapat membantu tubuh mendapatkan paparan sinar UV-B dari matahari. Diharapkan kulit yang diinduksi oleh sinar ini dapat memproduksi vitamin D.

Ketiga, konsumsi suplemen untuk memastikan makanan yang dikonsumsi dapat memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

Menurut Adam, berjemur saja tidak cukup untuk memenuhi 80 persen sisa kadar vitamin D yang dibutuhkan sehari-hari secara optimal.

Vitamin D3 lebih disukai sebagai suplemen dibandingkan D2, karena lebih lama bertahan di darah, dan mampu meningkatkan kadar vitamin D serta menjadikannya bentuk aktif untuk berbagai aksi penting bagi sel-sel tubuh.

Sementara itu, dengan sifat anti-inflamasi dan imunoregulasinya yang dimiliki, vitamin D berguna untuk aktivasi pertahanan sistem kekebalan tubuh, sehingga berperan penting dalam pencegahan terhadap infeksi, penyakit, dan gangguan terkait kekebalan tubuh.

(Shavna Dewati Setiawan | Genpi.co)

(Aktual Academy)