Ilustrasi

Meulaboh, aktaul.com – Sebanyak 396 murid, perwakilan dari seluruh Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Jaya mengikuti seleksi Kompetensi Sains Nasional (KSN) yang dipusatkan di SD Negeri 3 Calang, Jumat (13/3).

“Seleksi ini dilaksanakan untuk mengukur kemampuan murid SD di bidang matematika dan juga Ilmu Pengetahuan Alam (IPA),” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Jaya, Abdul Jabar, di Meulaboh, Jumat (13/3).

Ia menjelaskan seleksi tersebut untuk mengetahui kemampuan murid SD di daerah itu sehingga ke depan jika ada perlombaan, pemerintah daerah lebih mudah mengetahui kemampuan anak didik.

Dia mengatakan murid SD yang mendapatkan juara dalam kegiatan tersebut akan mewakili Aceh Jaya pada ajang KSN tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung pada April 2020.

“Yang dapat juara nanti akan mewakili Aceh Jaya pada KSN tingkat provinsi, nanti akan kita ambil juara 1, 2, dan 3 masing-masing bidang studi,” kata Abdul Jabar.

Ia juga menambahkan bahwa siswa yang terpilih selanjutnya akan dilakukan pembinaan sebelum diberangkatkan mengikuti kegiatan serupa untuk tingkat provinsi, agar lebih siap bersaing dengan peserta dari kabupaten/kota lainnya di Aceh.

Kegiatan itu, kata dia, merupakan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya dalam rangka meningkatkan kualitas dan partisipasi pendidikan di daerah setempat.

(Eko Priyanto)