Banjarbaru, aktual.com – Sebanyak 4.200 pelari memeriahkan event olahraga lari jarak jauh Arutmin 10K 2019 yang berlangsung di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (17/11) pagi.

“Kami sangat senang antusias peserta begitu tinggi tahun ini, bahkan tak hanya dari Kalimantan Selatan dan Pulau Kalimantan, tapi ada sejumlah pelari dari Pulau Jawa, Sumatera hingga Sulawesi,” kata Chief Executive Officer PT Arutmin Indonesia, Ido Hotna Hutabarat saat memberikan sambutannya.

Ido mengungkapkan, lomba lari 10 kilometer tersebut sudah digelar sebanyak 9 kali sejak tahun 2005 untuk memeriahkan hari ulang tahun PT Arutmin Indonesia yang pada 2 November 2019 memasuki usia 38 tahun.

“Kami mohon doa mudah-mudahan Arutmin bisa terus berulang tahun dan event ini dapat dilaksanakan selalu tiap tahunnya untuk menggelorakan olahraga,” ucap pimpinan di perusahaan tambang batubara itu.

Sementara Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Kalsel Siswansyah mengapresiasi Arutmin yang berkomitmen terus menggelar lomba lari yang tiap tahunnya peserta semakin bertambah.

“Menggelorakan olahraga sudah menjadi program unggulan dari Pemprov Kalsel juga, sehingga bisa bersinergi untuk kita sama-sama memperbanyak event olahraga seperti ini,” tutur Siswansyah mewakili Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor.

Lomba lari yang dipusatkan start dan finisnya di kawasan Kantor Sekretariat Daerah Pemprov Kalsel di Jalan Trikora Banjarbaru itu dibagi menjadi lima kategori yaitu kategori umum putra sebanyak 2.522 peserta, kategori umum putri 514 peserta, kategori pelajar putra 858 peserta, kategori pelajar putri 180 dan kategori master (usia di atas 50 tahun) 119 peserta.

Selain hadiah bagi para juara di masing-masing kategori, panitia juga membagikan puluhan doorprize seperti lima unit sepeda motor, sepeda gunung, dan hadiah hiburan lainnya. [Eko Priyanto]

(Zaenal Arifin)