Jakarta, Aktual.co —Untuk mengamankan jalannya pelantikan terhadap presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla di gedung MPR/DPR, jajaran Polri mengerahkan 9000 personel untuk mengamankan halaman depan Gedung DPR.
Hal tersebut  disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto kepada wartawan, Senin (20/10). 
“Untuk pengamanan ring 2 di halaman depan Gedung DPR kami mengerahkan 9000 personel untuk menjaga keamanan pintu utama,” katanya.
Menurutnya pihaknya menerjunkan beberapa petugas ke gerbang utama Gedung DPR. Tak hanya itu kata Rikwanto pihaknya juga menjaga ketat dengan menggunakan delapan anjing pelacak.
“Gerbang utama Gedung DPR akan digunakan sebagai pintu masuk utama untuk acara pelantikan,” tambahnya.
Beberapa tamu negara, katanya, juga akan menghadiri acara pelantikan, seperti tamu negara dari Singapura, Australia, Filipina, Malaysia, Timor Leste, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Sri Lanka, Jepang, dan lain-lain.
“Menteri Luar Negeri AS John Kerry juga dipastikan hadir,” katanya.
Secara keseluruhan, Polda Metro Jaya mengerahkan 23.815 personel untuk mengamankan acara pelantikan presiden yang pengamanannya dibagi dalam empat ring.
Ring pertama berada di dalam Gedung Utama DPRI, ring kedua berada di halaman Gedung DPR RI.
Ring ketiga berada di area sekeliling Gedung DPR dan ring keempat berada di sekat-sekat di luar area Gedung DPR untuk pengamanan buka tutup jalan.

(Andy Abdul Hamid)