Jakarta, Aktual.co — Aktivis Turki telah menyerang AS pelaut angkatan laut di Istanbul dan ditempatkan karung di atas kepala mereka. Tindakan aktivis Turki merupakan aksi protes terhadap imperialisme Amerika.
Dalam video yang diposting oleh Asosiasi Pemuda Turki (TGB), organisasi neo-nasionalis yang dilakukan insiden itu, sekitar 10 pengunjuk rasa tampak menyerang tiga anggota angkatan laut AS. Rekaman itu menunjukkan mereka berteriak “Yankee, pulang!” dan “Pembunuh!”, menuntut anggota militer AS untuk meninggalkan Turki.
Insiden itu terjadi di distrik Eminonu Istanbul di mana kapal perang tiga anggota angkatan laut ‘, USS Ross , berlabuh di suatu teluk Selat Bosphorus.
Para pengunjuk rasa, yang membawa bendera TGB, melemparkan cat merah di pelaut dan menempatkan karung putih di atas kepala mereka.
“Kau menyatakan bahwa Anda adalah anggota dari tentara AS. Kami mendefinisikan Anda sebagai pembunuh,” pengunjuk rasa berteriak pada pelaut.
Gizem Dogan, anggota senior TGB, seperti yang dikutip dari Al Jazeera, Kamis (13/11), mengatakan bahwa tindakan itu merupakan tanggapan terhadap apa yang disebut imperialisme Amerika, pengaruh Washington pada urusan dalam negeri Turki dan serangan oleh militer AS pada tentara Turki lebih dari 10 tahun yang lalu.
Dogan mengatakan bahwa mereka berencana beberapa hari kembali dan memastikan bahwa laki-laki yang ditargetkan adalah anggota militer AS.
Pada puncak perang di Irak pada tahun 2003, tentara AS melancarkan operasi terhadap tentara Turki yang berbasis di Sulaymaniyah di Irak utara, mengambil 11 tentara Turki sandera dan meletakkan karung di atas kepala mereka.