Jakarta, Aktual.co — Menteri BUMN Rini Soemarno membenarkan nama Rinaldi Firmansyah masuk ke dalam bursa kandidat Dirut Pertamina. Dikatakannya bahwa nama-nama yang masuk nominasi nantinya akan di analisa.
“Semuanya (calon) nanti dianalisa,” kata Rini saat ditemui basement gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (10/11).
Kabarnya, Rinaldi Firmansyah mantan Direktur Telkom Pertamina ini akan diplot sebagai Direktur Pertamina. Ketika dikonfirmasi bahwa sejumlah kalangan mempertanyakan mengapa harus sosok Rinaldi Firmansyah  seorang mantan Dirut Telkom yang dinilai tidak paham sektor migas, Rini menjawab bahwa yang diutamakan adalah kemampuan sebagai pemimpin, bukan kemampuan teknis. 
“Yah kan nanti dianalisa total, dilihat minimal yang utamanya adalah kemampuannya sebagai pemimpin. Tehnikalnya atau kemampuan teknisnya itu bisa di dapat, tapi kemampuan memimpin dan integrasi itu sangat penting,” ujar Rini.
Rini menegaskan, yang diutamakan dalam analisa adalah keberanian untuk melakukan perubahan, integrasinya bersih atau tidak, kemampuannya memimpin srta karakter nasionalis yang berarti harus memikirkan kepentingan bangsa.
“Kalau teknis itu bisa dibeli,” ujarnya.
Sebelumnya, pengamat energi sekaligus Koordinator Indonesia Migas Watch Tri Widodo mengatakan bahwa BUMN sekaliber Pertamina sangat membutuhkan sosok seorang pemimpin yang ‘expert’ di bidangnya.
“Pertamina itu kan membutuhkan seorang yang paham expert. Membutuhkan seorang yang paham manajemen perusahaan perminyakan. Rinaldi kan orang keuangan,” kata Tri kepada Aktual.co kemarin.

Artikel ini ditulis oleh: