Jakarta, Aktual.co — Surat Al Ikhlas adalah salah satu surat dalam Al Quran yang sering digunakan atau dibaca oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia baik saat mereka mengaji atau ketika mereka melakukan salat lima waktu maupun salat sunah.

Jika kita membahas singkat tentang arti dan makna dari ayat pertama Al Ikhlas, maka kita bisa melihat bahwa Allah SWT yakni, satu-satunya Tuhan yang ada, dan bahwa benar Ia merupakan Tuhan yang Maha Segalanya.

Qul Huwallahu Ahad artinya adalah ayat pertama dari surat Al Ikhlas yang memiliki arti . “Katakanlah bahwa Dia adalah Allah, (Tuhan) yang Maha Esa.”

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang menciptakan serta memiliki kendali akan apa yang telah terjadi dan apa yang akan terjadi kepada makhluk-makhluk yang telah diciptakan di seluruh dunia. Bahkan, di seluruh jagat raya Alam Semesta yang  gelap yang belum tersentuh oleh manusia.

Kalimat tersebut tidak hanya tertuju kepada manusia semata, melainkan berlaku terhadap, para makhluk lainnya seprti Jin, Iblis, dan seluruh makhluk di Alam Semesta agar mengerti bahwa yang menciptakan seluruh dunia ini adalah Allah SWT.

Bahkan untuk memberitahukan kepada pennyembah berhala dan lain sebagainya bahwa yang harus disembah dan dipatuhi perintahnya ialah Allah SWT.

Berikut arti dan makna tiap-tiap kalimat dalam surat Al Ikhlas,:
1. Qul huwallahu ahad artinya: “Katakanlah (wahai Muhammad) bahwa Allah yang Maha Esa.”

 2. Allahu somad  yaitu, bahwa Allah merupakan tempat atau Tuhan untuk bergantung dari segala sesuatu yang ada di alam semesta.

3. Lam yalid walam yulad artinya, Dia (baca: Allah) tidak beranak dan juga tidak diperanakkan.

4. Walam yakullahu kufuwan ahad artinya, bahwa tidak ada seorang (atau makhluk) pun yang setara (sebanding) dengan-Nya.

Artikel ini ditulis oleh: