Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) Destry Damayanti (ketiga kiri) bersama anggota Pansel KPK lainnya mewawancarai calon pimpinan KPK di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta, Senin (24/8). Pansel KPK menggelar seleksi wawancara tahap akhir terhadap 19 calon pimpinan KPK yang akan berlangsung selama tiga hari hingga Rabu (26/8). ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/pd/15.

Jakarta, Aktual.com — ‎Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi hampir merampungkan proses seleksi 19 nama kandidat capim KPK jilid IV. Ketua Pansel Destry Damayanti mengaku proses penyaringan delapan capim yang akan diserahkan ke Presiden masih berlangsung.

“(Penyaringan delapan capim) lagi diproses hari ini,” ujar Destry saat dikonfirmasi, Jumat (28/8).

Dia pun memastikan, nantinya delapan nama yang diserahkan ke Presiden Joko Widodo sudah ‘clear’. Wanita yang diketahui sebagai staf Menteri Rini Soemarno itu pun mengaku sudah menggugurkan seluruh nama yang diindikasikan pernah melakukan tindak pidana.

Destry pun mengungkapkan, bahwa dari hasil penelusuran rekam jejak 48 kandidat yang dilakukan pihak Kepolisian, terdapat beberapa nama yang memang terindikasi pernah tersangkut masalah hukum.

“Pasti bersih dong. Kita sudah keluarin. Itu juga penilaiannya banyak. Nama itu kita pastikan nggak masuk dalam nama yang kita loloskan,” kata dia.

“Iya memang ada beberapa catatan yang masuk ke kami dan akan jadi pertimbangan ke kami. Di bawah lima.”

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Nebby