Jakarta, Aktual.com — Seorang Mahasiswi senior Muslim berhijab dari Rutgers University, Newark, New Jersey, Amerika Serikat, telah dinobatkan sebagai ‘Ms. Rutgers’ di tahun 2015, dimana ia menginspirasi Mahasiswi Muslim lainnya yang mengenakan jilbab untuk membuktikan identitas dirinya.

“Saya mulai berpikir untuk diri sendiri, Apa artinya ini?’,” kata Halima Mahmoud, seorang Muslimah berkulit hitam yang mengenakan hijab, kepada MuslimGirl yang dilansir dari OnIslam, Senin (28/9).

Mengenakan jilbab dibalut gaun putih lengan panjang, Mahasiswi berusia 22 tahun tersebut memenangkan gelar setelah bersaing dengan empat wanita cantik AS lainnya.

Memiliki darah keturunan Ghana dan Togo, Mahmoud merupakan wanita berhijab pertama yang memenangkan kontes ‘Ms Rutgers’ dalam sejarah Rutgers, menurut Tricia Defreitas, Presiden Dewan Program.

Sebagai ‘Ms. Rutgers’, ia diharuskan menghadiri beberapa acara Rutgers dan even lainnya, mewakili mahasiswa Rutgers.

“Kemenangan Mahmoud mengirimkan pesan yang sangat positif terhadap mahasiswa Muslim lainnya,” kata Defreitas.

“Ini membuktikan keragaman kampus kami dan mengirimkan pesan yang sangat menggembirakan.”

Untuk diketahui, Mahasiswi Muslim telah lama dikenal di kalangan teman-temannya sebagai aktivis sosial yang aktif yang terlibat dalam kegiatan keagamaan.

“Saya tidak selalu percaya diri dalam diri saya, tapi saya membangun kepercayaan diri saya selama di Rutgers University,” kata Mahmoud.

“Saya juga mulai belajar batas saya dan saya mendorong diri saya di luar mereka, jadi ketika saya mendengar tentang panggilan untuk kontes, batinku, ‘Mengapa tidak, Halima?.”

“Saya melakukan ini untuk diri saya sendiri,” kata Mahmoud.

“Tapi saya juga melakukan ini, pertama dan terutama, untuk saudari Muslim saya. Kita cenderung membatasi diri untuk lingkaran atau kegiatan tertentu karena masyarakat telah meyakinkan kita bahwa kita tidak layak dalam hal tertentu atau kita tidak termasuk ke dalamnya,” kata ia menutup pembicaraan.

Artikel ini ditulis oleh: