Damaskus, Aktual.com – Sebanyak 26 Tenaga Kerja Wanita dipulangkan dari Suriah oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Damaskus Suriah, Kamis (24/12). Menyusul pertimbangan faktor keamanan di negara yang tengah bergejolak itu.

Dalam keterangan pers-nya, Pensosbud KBRI Damaskus, Amiruddin Thamrin, mengatakan pemulangan kali ini (repratriasi) merupakan gelombang yang ke 270 dari Suriah. Total sudah 606 WNI/TKW yang dipulangkan. “Via Bandara Internasional Damaskus,” kata dia, (25/12).

Mayoritas TKW yang dipulangkan antaran lain asal Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Tutur dia, saat ini masih ada 28 WNI/TKW lagi yang akan menyusul dipulangkan. Jumlahnya diperkirakan akan terus bertambah.

Sejak 2012, sebanyak 12.917 WNI sudah dipulangkan dari Suriah. Melalui Lebanon atau Yordania dalam 270 gelombang. Namun sejak Oktober 2015, KBRI Damaskus sudah berani memulangkan WNI via Bandara Internasional Damaskus.

“Menutup tahun 2015, KBRI Damaskus telah berhasil memperjuangkan hak dan merepatriasi sebanyak 606 WNI/TKW dalam 20 gelombang,” kata dia.

Artikel ini ditulis oleh: