Dallas, Aktual.com – Badai disertai tornado yang melanda Dallas, Amerika Serikat, Sabtu (27/12) waktu setempat, menewaskan sedikitnya 11 orang.

Pihak berwenang setempat mengabarkan korban paling banyak jatuh di wilayah Garland, timur laut Dallas. Di sana delapan orang tewas. Tornado juga menyebabkan mobil meledak di jalan tol dan meratakan rumah yang dilaluinya.

Sedangkan tiga korban lain tewas di jaringan kereta api bawah tanah Dallas.

Akibat badai yang melibas wilayah terpadat ke empat di AS dengan jumlah penduduk sekitar tujuh juta orang itu, aliran listrik terputus.

“Itu kehancuran total. Keadaan sulit bagi yang terkena badai mengerikan seusai Natal,” kata juru bicara kepolisian Garland, Letnan Pedro Barineau, Minggu (28/12) waktu setempat.

Dituturkan dia, lima korban tewas di Garland diduga akibat kendaraannya dilibas tornado di Jalan Tol (State Highway) 190 dan Jalan Antarnegara Bagian (Interstate) 30.

Tercatat ada lebih dari 600 bangunan di Texas Utara luluh lantak akibat disapu badai disertai tornado.

Layanan Cuaca Nasional melaporkan ada enam tornado di Texas dan satu lainnya di Oklahoma pada hari Sabtu.

Badan tersebut telah mengeluarkan peringatan cuaca buruk di sebagian besar wilayah AS tengah pada Minggu, termasuk peringatan badai salju di New Mexico, Texas, Oklahoma, dan Kansas, serta ancaman banjir bandang sepanjang Texas hingga Ohio.

Pukul 8 pagi waktu setempat, sekitar 400 penerbangan di AS dibatalkan. Lebih dari setengah penerbangan yang batal itu terjadi di Dallas yang merupakan pusat kegiatan penerbangan di AS.

Rangkaian tornado pada akhir pekan lalu terjadi setelah tornado yang terjadi sebelum liburan Natal di AS Selatan yang menewaskan sedikit-dikitnya 17 orang.

Artikel ini ditulis oleh: