Washington, Aktual.com – Amerika Serikat dibuat berang dua manuver pesawat jet Rusia baru-baru ini. Yakni saat jet tempur Rusia Su-27 terbang di jarak yang sangat dekat dengan kapal perusak AS Donald Cook hingga 9 meter saja. Pesawat serupa juga mencegat pesawat pengintai AS di Laut Baltik pada Kamis 14 April.

Pentagon pun layangkan protes pada Pemerintah Rusia. Juru bicara Komando Eropa, Danny Hernandez menilai manuver jet Su-27 dengan mencegat Boeing RC-135 secara berbahaya dan tidak professional itu sebegai aneh dan agresif.

“Aksi tersebut berpotensi meningkatkan ketegangan antara kedua negara,” kata Hernandez, dilansir dari Russia Today, Senin (18/4).

Menanggapi protes AS, pihak Rusia anggap keberatan itu sebagai tidak akurat. Kementerian Pertahanan mengklaim penilaian itu tidak akurat.

Dalam pernyataannya, pihak Kemenhan Rusia menjelaskan kalau 14 April lalu, pasukan pertahanan udara mereka mendeteksi ada target udara tidak dikenal yang mendekat secara cepat ke perbatasan Rusia di Laut Baltik.

“Su-27 langsung diterjunkan untuk mengidentifikasi target. Terbangnya pesawat Rusia itu sudah sesuai dengan standar internasional penggunaan ruang udara. Tidak ada situasi darurat yang terjadi,” begitu pihak Kemenhan Rusia di pernyataannya.

Artikel ini ditulis oleh: