Logo SMN

JAKARTA, AKTUAL.COM-Sejumlah pelajar Sekolah Menengah Atas dan sederajat asal Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan kunjungan ke Ibukota DKI Jakarta sebagai rangkaian dari Kegiatan Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang digagas oleh PT PLN, Asuransi Jasindo dan Danareksa.

Selama tujuh hari para pelajar yang terdiri dari 19 orang putra dan puteri tersebut diajak untuk mengunjungi sejumlah objek yang ada di Jakarta, mulai dari pemerintahan kota, objek sejarah dan pariwisata, museum dan lokasi-lokasi strategis lainnya yang menjelaskan informasi langsung tentang Ibu Kota Jakarta.

Selain melakukan anjangsana keberbagai tempat strategis, para siswa juga diberikan pelatihan tentang seni budaya Betawi dan mengunjungi kediaman Warga Jakarta untuk mengenal lebih dekat kehidupan mereka.

Menurut Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), Yuko Gunawan, para pelajar tersebut adalah siswa Kelas XI yang terpilih dan telah mengikuti sejumlah tahapan seleksi yang diadakan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Asuransi Jasindo dan Danareksa.

Yoko menambahkan dari 19 siswa, dua pelajar diantaranya adalah penyandang disabilitas. Di Jakarta, mereka didampingi oleh satu guru teladan, pihak Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata serta pendamping khusus untuk pelajar penyandang disabilitas.

Sementara seleksi pelajar kata Yuko diantaranya meliputi seleksi administrasi seperti nilai raport pada dua semester terakhir, aktif dalam keikutsertaan berorganisasi kesiswaan, menguasai salah satu jenis kebudayaan khas Banjarmasin dan selain itu mereka adalah asli putra daerah.

Selain mengirimkan pelajar asal Kalsel ke Jakarta, PT PLN, Pihak Asuransi Jasindo dan Danareksa juga akan mengirimkan sejumlah pelajar dari Jakarta ke Banjarmasin, dengan skema program yang sama.

Sementara itu menurut Manager Coorperate Communication Danareksa, Susanti Nurdin kunjungan 19 pelajar dari Provinsi Kalsel yang mengikuti kegiatan SMN di Jakarta difasilitasi oleh PT. PLN, Danareksa dan Asuransi Jasindo.

“Kegiatan ini adalah kali kedua, kami dari Danareksa, Asuransi Jasindo pada kegiatan ini adalah sebagai BUMN pengirim dari Kalsel yang telah mengadakan seleksi. Sementara pihak PLN selaku BUMN penerima di Jakarta dan yang membuat program-program kegiatan di Jakarta,” ujar dia.

Sedangkan menurut pendamping siswa dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel, Syamsuri, siswa yang mengikuti kegiatan SMN 2016, berasal dari 13 SMA, SMK dan SLB yang ada di kota/kabupaten di Provinsi Kalsel.

Selain itu hasil dari kunjungan tersebut lanjut dia, akan di buat laporan kegiatan.

Program Siswa Mengenal Nusantara dan BUMN Mengajar Tahun 2016 merupakan wujud komitmen Kementerian BUMN dan BUMN untuk respon adanya pasang surut gelombang perubahan dunia yang menjadi tantangan bangsa ke depan, untuk terus memajukan peradaban bangsa, namun sekaligus tetap melestarikan kekayaan alam maupun keragaman yang dimiliki. Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa termasuk tunas-tunas muda generasi penerus bangsa, harus mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan bangsa tercinta Indonesia. Janganlah dibiarkan perbedaan yang ada membuat lemah dan memicu konflik, namun saatnya bergandengan tangan menyongsong Indonesia Jaya yang penuh harapan.

Tujuan Program SMN dan BUMN Mengajar adalah untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan Nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

Pelaksanaan kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 Provinsi seluruh Indonesia, juga menjadi bagian dalam “Membangun pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders)” mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN dalam turut serta “Membangun Kapasitas Nasional (National Capacity Building) melalui generasi muda penerus bangsa” serta memberikan kontribusi nyata pada masyarakat.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Bawaan Situs