Dalam Long March tersebut turut ikut Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI/Polri dari museum Mandala menuju JCC, Jakarta, Selasa (11/8/2015). Para Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) melakukan long march untuk memperingati hari Veteran Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 10 Agustus dan selain mantan pejuang acara ini diikuti oleh anggota TNI/Polri/mahasiswa/ pelajar dan komunitas sepeda ontel.

Simalungun, Aktual.com – TNI melalui Kodam I Bukit Barisan menggelar pameran alat utama sistem senjata dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (15/8).

Pameran yang mendapat perhatian dari jajaran Pemkab Simalungun, pelajar, dan masyarakat itu dirangkai dengan atraksi terjun payung.

Kapaldam I/BB Kolonel Cpl H Rajagukguk membuka pameran melalui upacara kemiliteran dan membacakan amanat Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung.

Pangdam mengatakan, pameran alat utama sistem senjata (alutsista) itu untuk menginformasikan dan menampilkan berbagai peralatan yang dimiliki TNI kepada masyarakat luas dan juga wujud kesiapan TNI AD dalam mengemban tugas pokok.

Pihaknya berharap melalui pameran itu, kemanunggalan TNI AD dengan masyarakat semakin kuat karena sejarah telah mencatat solidaritas prajurit dengan rakyat merupakan strategi yang tidak tertandingi dalam mengimplementasikan konsep pertahanan negara.

Disamping itu, kegiatan pameran diharapkan juga dapat dijadikan suatu wahana rekreasi dan hiburan serta memberikan nilai edukasi dan rasa kecintaan masyarakat terhadap TNI.

Penyelenggara pameran alutsista Mayor Cpl Robi Darmadi mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan selama dua hari dengan menampilkan 15 anjungan dengan kategori alutsista, sarana pendukung tugas, pembinaan teritorial, bhakti sosial, dan hiburan masyarakat.

“Tujuan kita, meningkatkan silahturahim TNI, Polri, dan masyarakat yang ada di Kabupaten Simalungun sekitarnya,” kata Robi.

Sedangkan sararan pameran, untuk teruwjudnya keeratan hubungan TNI, Polri, dan masyarakat serta terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan rakyat di wilayah Kabupaten Simalungun sekitarnya.

Pameran menampilkan bebagai jenis unit peralatan tempur mau pun nontempur buatan berbagai negara, karya anak negeri seperti PT Pindad, termasuk hasil modifikasi dan rekayasa pengembangan TNI AD.

(Ant)

Artikel ini ditulis oleh: