Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia - Elektabilitas Rizal Ramli. (ilustrasi/aktual.com)
Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia - Elektabilitas Rizal Ramli. (ilustrasi/aktual.com)

Jakarta, Aktual.com – Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli mencuat dalam bursa calon Gubernur DKI Jakarta 2017.

Hal ini terlihat dari hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) yang menyatakan bahwa elektabilitas Rizal Ramli melampaui Sandiaga Uno.

“Ini merupakan alarm bagi Sandi yang namanya mulai disaingi, bahkan dilewati Rizal Ramli,” kata salah seorang pendiri Kedai Kopi, Hendri Satrio dalam keterangannya, ditulis Selasa (13/9).

Mengenai siapa tokoh yang paling berpeluang mengalahkan Ahok di Pilakda DKI, 56,5 persen responden menjawab Tri Rismaharini, Rizal Ramli berada di urutan kedua (15,5 persen responden), dan menyusul Sandiaga Uno (8,3 persen responden).

Ditambahkan, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pasangan Ahok-Djarot saat ini mengalami penurunan, dari 70 persen menjadi 67,3 persen.

Survei dilakukan pada 2-5 September 2016 dengan metode wawancara tatap muka. Survei tersebar proporsional di 40 kelurahan pada 6 kabupaten/kota di DKI dengan 400 responden yang terlibat.

Pemilihan sampel menggunakan metode sampel acak bertingkat dengan margin of error sebesar +/-4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Artikel ini ditulis oleh: