Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. AKTUAL/Tino Oktaviano
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. AKTUAL/Tino Oktaviano

Denpasar, Aktual.com – Menteri Perhubungan, Budi Karya berharap terjadi kesetaraan antara taksi berbasis aplikasi online dengan taksi konvensional. Menurut dia, cara untuk mencapai kesetaraan itu adalah dengan saling menghargai.

“Jadi kita akan cari satu bentuk-bentuk equilibrium dan itu akan kita tetapkan menjadi aturan,” kata Budi di Pelabuhan Benoa, Denpasar, Kamis (13/4).‎

Menurutnya, di tingkat nasional antara angkutan online dan konvensional sudah menemukan titik terang. Hanya saja, ia tak mengetahui dinamika di lapangan di daerah-daerah. Misalnya, Blue Bird akhirnya melunak dan ikut bergabung bersama aplikasi Go Car.

‎Ia berharap angkutan konvensional di daerah bisa mengikuti langkah Blue Bird dengan bergabung bersama aplikasi online. Terobosan lainnya daerah membuatkan aplikasi online yang menampung angkutan konvensional.

“Intinya lokal itu juga bisa melakukan. Jadi lokal akan tetep eksis.. bikin online juga versinya lokal supaya orang itu diberi kemudahan. Jangan sampai mengandalkan taksi konvensional yang juga susah dipertanggungjawabkan juga kan. Kita makin lama makin modern,” saran Budi.‎

(Bobby Andalan)

Artikel ini ditulis oleh: