Sejumlah santri sepuh (tua) melakukan Salat Sunah di Masjid Agung Payaman, Komplek Pondok Pesantren Sepuh, Payaman, Magelang, Jateng, Senin (29/5). Sejak puluhan tahun silam ratusan santri sepuh yang berusia di atas 60 tahun dari berbagai wilayah di Pulau Jawa datang untuk berkegiatan dan beribadah Ramadan di pondok tersebut. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/kye/17

Lebak, Aktual.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lebak mengajak masyarakat di daerahnya, agar meningkatkan kualitas ibadah selama Ramadhan.

“Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan dan kita perbanyak kualitas ibadah amaliyah kepada Allah SWT juga melakukan kebajikan sesama manusia,” kata Wakil Ketua MUI Kabupaten Lebak KH Akhmad Khudori di Lebak, Selasa (29/5).

Peningkatan kualitas ibadah selama Ramadhan dengan melaksanakan puasa, shalat berjamaah,shalat tarawih, baca taduras Alquran dan pengajian. Selain itu melakukan perbuatan kebajikan dan kemaslahatan bagi umat manusia dengan bersikap dermawan dan tolong menolong.

Begitu juga menjaga perkataan-perkataan yang bisa membatalkan ibadah puasa Ramadhan. Masyarakat yang tidak puasa Ramadhan hendaknya menghormatinya dengan tidak makan dan minum terlalu terbuka di tempat umum.

Begitu juga kepada umat non muslim dapat menghormatinya. Karena itu, sikap toleransi dan menghormati harus dijaga dengan baik sehingga dapat menciptakan suasana kondusif dan damai selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan tersebut.