Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi (tengah) bersama Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (kanan) saat melakukan Panen Raya Porang Nasional 2021 di Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Rabu (25/8). (Foto: Arie Saputra/Aktual.com).
Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi (tengah) bersama Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin (kanan) saat melakukan Panen Raya Porang Nasional 2021 di Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Rabu (25/8). (Foto: Arie Saputra/Aktual).

Trenggalek, Aktual.com – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) RI, Harvick Hasnul Qolbi mendorong agar pemerintah daerah di tingkat kabupaten berani membentuk perusahaan daerah (perusda) di bidang pertanian untuk hilirisasi produk pertanian agar bisa mendapatkan nilai tambah.

Sebab sejauh ini tren komoditas Porang sedang menjadi primadona di tengah masyarakat petani. Namun persoalannya sampai hari ini masih belum bisa menentukan untuk hilirisasinya selain di ekspor.

“Selain dapat mengolah produk pertanian hingga hilir, juga perusda ini akan mampu menyerap tenaga kerja lokal di masa sulit ini,” ujar Harvick dalam kunjungan kerjanya di Trenggalek, Jawa Timur, Rabu (25/8).

Wamentan mengatakan pihak pemerintah kabupaten boleh bekerjasama dengan pihak swasta setempat dengan format kemitraan usaha dalam pembentukan Perusda.

Sementara itu, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menyambut baik gagasan Wamentan tersebut dan berniat akan segera merealisasikannya agar produk porang di kabupatennya dapat diproses hingga hilir.

“Supaya petani bisa mendapat nilai tambah dari panen Porang di wilayah kami, yang saat ini bisa mencapai 250 ribu ton dari 4.000 hektar lahan yang sudah dipanen,” kata Nur Arifin.

Dengan rencana pembentukan Perusda di kabupatennya, Nur Arifin juga berharap para petani porang di Trenggalek tidak hanya diposisikan sebagai pemasok oleh pengusaha swasta yang belakangan mulai gandrung melirik potensi bisnis umbi Porang.

“Kami berharap petani tidak hanya dijadikan sebagai suplier, yang hasil panennya bisa ditawar serendah-rendahnya oleh investor atau pembeli,” kata Bupati muda ini.

Senada dengan Wamentan Harvick, Anggota DPD RI, Silviana Murni juga mengatakan bahwa komoditas Porang ini bisa membuka lapangan kerja baru dengan adanya Hilirisasi yang jelas.

“Kita bisa membuat produk kecantikan dan mengemas Porang menjadi olahan siap saji, kita bisa membuat pabrik sendiri di daerah,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi bersama Bupati Trenggalek melakukan Panen Raya Porang Nasional 2021 di Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Panen Raya ini di hadiri oleh Wakil Bupati Syah M. Natanegara dan Anggota DPD RI, Silviana Murni.

(Arie Saputra)

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: A. Hilmi