Jakarta, Aktual.com – Indonesia kembali menyampaikan bantuan kemanusiaan ke Palestina, dan pada kesempatan ini, melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI), pemerintah mengirimkan bantuan sebesar USD 2 juta yang terdiri dari obat-obatan dan peralatan medis.

Bantuan tersebut disalurkan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada dini hari Rabu, (22/11).

“Pemberangkatan malam ini, merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan bantuan Pemerintah Indonesia yang sebelumnya telah dilepas oleh Presiden RI pada tanggal 20 November 2023 di Lanud Halim Perdanakusuma,” ujar Sekretaris Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Ubaidi Socheh Hamidi di Tangerang.

Hamidi menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia telah menganggarkan bantuan sejumlah Rp31,9 miliar, setara dengan USD 2 juta, melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) atau Indonesian AID. Bantuan ini merupakan tahap kedua dari upaya Indonesia untuk membantu Palestina.

Bantuan medis yang dikirim dianggap sangat penting untuk membantu masyarakat yang menjadi korban konflik di Jalur Gaza, Palestina. Ubaidi juga menyebutkan bahwa bantuan kemanusiaan tahap kedua ini diangkut menggunakan pesawat sewaan dari Lion Air, yaitu tipe Airbus A330-900, dengan penerbangan langsung dari Jakarta menuju Bandara El-Arish di Mesir.

Rencananya, pesawat tersebut akan mengudara pada pukul 04.30 WIB dan diestimasi tiba di Mesir pada hari yang sama sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

“Bantuan akan diserahkan kepada UNRWA, yakni Badan PBB yang bertanggung jawab menangani pengungsi Palestina, melalui Egyptian Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir), selanjutnya pihak UNRWA akan mendistribusikan bantuan untuk masyarakat Palestina yang terdampak,” pungkasnya.

Artikel ini ditulis oleh:

Editor: Yunita Wisikaningsih