Jakarta, Aktual.co — Ketua Asosiasi Perusahaan Compressed Natural Gas Indonesia (APCNGI), Robbi R. Sukardi mengatakan bahwa sudah selayaknya Indonesia mencontoh negara tetangga yakni Thailand yang sukses melakukan konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).
“Selayaknya Negeri Gajah Putih tersebut menjadi contoh bagi Indonesia agar bisa mewujudkan upaya dalam melakukan konversi BBM ke BBG,” kata Robbi dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, ditulis Senin (29/12).
Menurutnya, Indonesia sendiri masih belum mampu bersaing dengan negara Asia lainnya dalam hal konversi BBM ke BBG.
“Indonesia bisa dibilang tertinggal dalam upaya konversi BBM ke BBG dibanding sejumlah negara tetangga seperti Singapura, Malaysia bahkan Filipina,” ujarnya.
Ia menjelaskan, keberhasilan Thailand mengalihkan konsumsi bahan bakar kendaraanya dari BBM ke BBG, karena didorong dengan banyaknya infrastruktur SPBG. Sehingga tidak menyulitkan masyarakatnya untuk beralih ke BBG.
“Di Thailand itu ada 500 lebih SPBG, kita baru ada di Jakarta, Palembang, Surabaya dan Kalimantan, itu pun jumlah totalnya nggak sampai 50, akibatnya orang nggak mau ngelirik mobil BBG, walaupun harga bahan bakarnya lebih murah (Rp 3.100/setara liter), dan lebih bersih,” tutupnya.

Artikel ini ditulis oleh: