ACT Sulsel-FTI UMI Gelar Lokakarya Remaja Masjid
ACT Sulsel-FTI UMI Gelar Lokakarya Remaja Masjid

Makassar, aktual.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan bersama Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI) mengadakan kegiatan pelatihan lokakarya bagi remaja masjid guna membangun peradaban Islam dengan tema “Berkualitas Berkontribusi Tuntas”.

Kegiatan yang juga didukung oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Makassar itu berlangsung di aula FTI UMI, Makassar, Minggu [16/2].

Lokakarya tersebut itu diikuti sebanyak  60 peserta dari berbagai masjid se- Kota Makassar.

“Latar belakang kami mengadakan kegiatan ini karena melihat peran remaja masjid yang potensial, khususnya di Kota Makassar. Mereka memiliki peran penting dalam membangun peradaban Islam,” kata Miswar Arifin dari Perwakilan ACT Sulsel.

Miswar Arifin selaku penggagas kegiatan melihat peran potensial remaja masjid dalam membangun peradaban Islam yang begitu besar sehingga pihaknya melakukan kerja sama pemberdayaan dengan FTI UMI.

Sementara itu Wakil Dekan IV FTI UMI Yusri Muhammad Arsyad mengatakan bahwa fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah semata tetapi juga menjadi tempat diskusi permasalahan umat dan peran remaja masjid juga ada di situ.

“Perlu diketahui bahwa fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja tetapi juga menjadi tempat musyawarah permasalahan umat, peran remaja masjid dalam hal ini sangat diharapkan karena posisinya sebagai penerus generasi bangsa dan negara,” kata Yusri Muhammad Arsyad.

Dalam kegiatan itu juga dihadirkan Air Minum Wakaf dan University Meals sebagai konsumsi pendukung suksesnya kegiatan.

Selain bekerja sama dengan DPD BKPRMI Kota Makassar dan FTI UMI, ACT juga melibatkan Remaja Masjid Ismul A’zham (RAIZHAM) dan DKM Burj Al Istidlal MATSC.

Sementara itu, Ikhwan yang mewakili DPD BKPRMI Makassar menyatakan bahwa melalui loakakarya itu diharapkan peran remaja masjid bisa lebih maksimal dalam kehidupan bermasyarakat.

“Jadi, diharapkan melalui kegiatan lokakarya ini potensi-potensi remaja masjid itu dapat lebih berperan maksimal dan terorganisir dalam kehidupan bermasyarakat, sesuai tema ‘Berkualitas, Berkontribusi Tuntas’,” demikian Ikhwan.

(Eko Priyanto)