Jakarta, Aktual.com – Ekonom Bank Pembangunan Asia (ADB) Priasto Aji mengatakan penurunan suku bunga acuan secara bertahap akan membantu pertumbuhan kredit dan mendorong kinerja perekonomian.

“Dampaknya memang tidak terlihat dalam waktu cepat dan berlangsung secara gradual,” kata Priasto di Jakarta, ditulis Rabu (27/9).

Priasto mengatakan penurunan suku bunga acuan ini juga bisa mendukung penyesuaian suku bunga kredit perbankan, meski hal tersebut tidak bisa berlangsung dalam waktu cepat.

Selain karena penurunan suku bunga acuan, kata dia, pertumbuhan kredit hingga 10 persen pada 2017 bisa terbantu oleh berbagai kebijakan lain yang memberikan fleksibilitas bagi bank dalam mengelola likuiditas.

Ia menambahkan bank sentral bisa saja kembali menyesuaikan suku bunga acuan jelang akhir tahun, dengan mempertimbangkan risiko dari normalisasi kebijakan The Fed serta laju inflasi yang relatif terkendali hingga 2018.

“Bisa saja ada ‘rate cut’ lagi, paling sebesar 25 bps, karena kondisi domestik, terlihat dari inflasi yang ‘manageable’, ikut mendukung,” kata Priasto. (Ant)

(Eka)