Jakarta, Aktual.co — Akademisi dari Ekonomi dan Sumber Daya Institut Pertanian Bogor (IPB), Suhana mengatakan bahwa saat ini Indonesia menjadi surga pasar bagi negara lain, terutama China dan Thailand.
“Indonesia sudah menjadi pasar bagi negara lain terutama China dan Thailand. Hampir 80-90 persen ikan kita itu yang dijual di pasar berasal dari China,” ujar Suhana usai konferensi pers di Menara Kadin Jakarta, Selasa (4/11).
Lebih lanjut dikatakan Suhana bahwa ikan yang berasal dari China dan dijual ke Indonesai saat ini adalah ikan yang kualitasnya sangat diragukan. Dan menurutnya belum ada pihak yang bisa memperbaiki hal tersebut.
“Ikan yang dijual dari China itu ikan yang sudah mati satu tahun yang lalu. Kualitasnya sangat diragukan. Di kita belum ada yang bisa mengatasi ini. Siapa yang bisa nge-chek ikan yang dijual di pasar baik atau buruk? kan ngga ada. Sementara ikan kita yang basisnya di Jambi dan Kalimantan tidak dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya.
Perlu diketahui salah satu ikan yang dijual di Indonesia berasal dari China yaitu ikan dori atau dikenal dengan nama ikan patin.

()

(Eka)