Papua, Aktual.com – Pesawat Trigana Air yang jatuh di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, ternyata juga tengah membawa uang sebesar Rp6,5 miliar yang dibawa oleh empat petugas PT Pos Indonesia.

Uang sebesar itu merupakan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) yang sedianya akan dibagikan untuk masyarakat Kabupaten Pegunungan Bintang setelah upacara kemerdekaan, 17 Agustus kemarin.

Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia, Amrizal mengatakan dana PSKS itu merupakan bantuan dari Kementerian Sosial untuk masyarakat kurang mampu yang disalurkan lewat PT Pos.

“Untuk penyaluran di Kabupaten Pegunungan Bintang kami harus membawanya dalam bentuk tunai mengingat masih terbatasnya akses ke bank,” kata dia, dalam keterangan tertulis, Senin (17/8) kemarin.

Namun seperti diketahui, takdir berkata lain. Pesawat Trigana diketahui jatuh. Empat petugas pos itu ikut jadi korban.

Terkait dana yang ikut jatuh dalam kejadian itu, PT Pos menjamin warga bakal tetap menerima gantinya.

Sebab dana tersebut telah lebih dulu diasuransikan secara cash in transit. Sehingga apabila sudah terkonfirmasi bahwa dana PSKS turut hilang, pihak asuransi akan memberi penggantian.

“Jadi untuk masalah dana PSKS tidak ada masalah,” ujar dia.

Pihaknya juga akan segera mengkomunikasikan penjadwalan ulang terkait pencairan dana secepatnya ke masyarakat melalui Pemda Kabupaten Pegunungan Bintang.

()