Solo, Aktual.com – Ingin selamatkan budaya bangsa, seorang prajurit Anggota Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/4 Solo lakukan aksi di bundaran Patung Obor Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/12).

Bukan aksi demo. Kopral Partika Subagyo Lelono yang biasa dipanggil Bagyo itu lakukan aksi tunggal berperan sebagai ‘Patih Batik Madrim’. Memakai atribut wayang orang, memakai baret POM TNI, dan sebuah poster bertulis “Cintai, Lestarikan Budaya Bangsa Agar Tak Diambil Negeri Tetangga” dibawa saat aksi. Tentu saja aksi Bagyo mengundang perhatian warga yang melintas.

Diakui Bagyo, dirinya memang sengaja ‘pentas’ untuk mengajak masyarakat mencintai dan melestarikan budaya bangsa. “Mari budaya bangsa ini kita lestarikan dan jaga bersama. Supaya budaya dalam negeri tidak diambil oleh negara lain,” ucap dia, di sela aksinya, Jumat (11/12).

Usut punya usut, ternyata apa yang dilakukan Bagyo hari ini juga sebagai ‘promosi’ untuk pementasan ketoprak di Taman Balekambang, Sabtu (12/12) malam besok. Dia ternyata ikut main, dan menjadi Patik Batik Madrim, sama dengan aksinya hari ini.

Dia berharap warga Solo nonton dia saat pentas besok. “Saya akan memimpin jalannya pemerintahan dalam pentas itu. Tidak hanya itu, saya juga akan menyinggung kasus yang saat ini sedang terjadi di Indonesia sebagai alur cerita,” tutur Bagyo berpromosi.

()