Ratusan buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Indonesia-Komite Aksi Upah (GBI-KAU) usai melakukan long march langsung mengikuti Apel 'Tolak PP No 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan' di Monumen Tugu Proklamsi, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2015). Aksi long march buruh dari Bandung dan dari Lampung ini dilakukan salah satunya menuntut kenaikan upah buruh yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2013.

Bekasi, Aktual.com – Aksi mogok nasional buruh menuntut pencabutan PP 78/2015 di Kawasan Industri EJIP Jababeka Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi berakhir bentrok, Rabu (25/11).

Bentrokan terjadi antara polisi dengan massa buruh yang mencapai 5000 buruh di kawasan Industri EJIP Jababeka ini. Elemen buruh yang melakukan aksi ini yakni dari elemen FSPMI.

Informasi yang diperoleh Aktual.com bentrokan ini dipicu karena buruh mencoba melakukaan penutupan jalan akses masuk kawasan industri ini.

Nah, pihak aparat kepolisan Polres Kabuparen Bekasi bersama Polda Metro Jaya dengan cara paksa membuka jalan utama karena mengganggu kelancaran masyarakat dalam menggunakan jalan .

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol M Iqbal saat dikonfirmasi belum mendapat informasi terkait insiden gesekan buruh dan aparat kepolisian ini.

“Belum dapat informasi saya,” ujarnya saat dihubungi Aktual.com.

()