Aksi Aktivis Sekretariat Solidariti Rakyat (SSR) di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur pada 17 Juli lalu (The Vibes)

Kuala Lumpur, Aktual.com – Sejumlah aktivis Malaysia yang tergabung dalam Sekretariat Solidariti Rakyat (SSR) mulai menyerukan demonstrasi jalanan untuk menuntut pemerintahan Perdana Menteri (PM) Muhyiddin Yassin mundur. Aktivitas demonstrasi jalanan tersebut direncanakan bakal bermula pada 31 Juli mendatang.

Dilansir dari Malaysiakini, demonstrasi jalanan tersebut juga merupakan agenda lanjutan usai tagar #Lawan ramai di jagat sosial media Malaysia beberapa hari lalu. Tagar #Lawan menjadi ekspresi protes dan kekesalan netizen terhadap kegagalan pemerintahan Muhyiddin Yassin dalam menangani pandemi Covid-19.

Meskipun demikian, Sekretariat Solidaritas Rakyat masih enggan mengumumkan kapan dan dimana lokasi demonstrasi bakal diadakan.

“Tuntutan kami supaya Perdana Menteri dan seluruh kabinetnya untuk mundur, penyelenggaraan sidang parlemen penuh dan moratorium (pinjaman) untuk semua. Sekretariat Solidariti Rakyat mengajak seluruh rakyat Malaysia untuk keluar dan #Lawan pada 31 juli 2021 nanti sebagai simbol penentangan terhadap pemerintahan yang tidak layak memimpin negara,” kata perkumpulan aktivis tersebut, Rabu (21/7) lalu.

Sidang parlemen Malaysia dijadwalkan akan berlangsung pada 26 Juli hingga lima hari berikutnya. Namun sayangnya, dari jadwal yang diberikan, sidang parlemen tampaknya hanya akan membahas situasi penanganan Covid-19 dari perspektif pemerintahan.

(Megel Jekson)