Warga membersihkan pekarangan dari puing-puing bangunan dan atap rumah warga yang rusak akibat terpaan angin kencang di Desa Baru, Kabupaten Kampar, Riau, Rabu (19/10). Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi dikawasan tersebut mengakibatkan sedikitnya 40 bangunan rumah warga rusak parah. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/16

Magelang, Aktual.com – Puluhan rumah milik warga Dusun Candiduwur, Desa Sengi, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Kamis (15/2), mengalami kerusakan akibat tersapu angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Edy Susanto, mengatakan rumah rusak pada bagian atap atau genteng berhamburan karena diterjang angin kencang.

Ia menuturkan angin kencang yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB tersebut mengakibatkan 45 rumah mengalami rusak ringan, sedang, dan berat.

“Berdasarkan catatan kami ada dua rumah rusak berat, lima rusak sedang, dan sisanya rusak ringan,” katanya di Magelang, Kamis.

Selain rumah rusak, katanya angin kencang juga mengakibatkan beberapa pohon tumbang.

Ia menyebutkan rumah rusak sedang yakni milik Supadi, Sardi, Kimpul, Harjotarti, dan Suroso. Sedangkan rumah rusak berat merupakan milik Sunarjo dan Iryanto.

Ia mengatakan bencana angin kencang tersebut juga mengakibatkan Taryono (55) mengami luka di bagian kepala karena terkena pohon bambu yang roboh menimpa rumahnya dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Ia menyampaikan kejadian tersebut bermula terjadi hujan yang disertai dengan angin kencang yang mengakibatkan puluhan rumah rusak.

Ia mengatakan usai kejadian warga bersama relawan langsung melakukan kerja bakti untuk membenahi rumah yang rusak tersebut.

 

Ant.

()